Teori Erich Fromm

Submitted by: Submitted by

Views: 692

Words: 1612

Pages: 7

Category: Philosophy and Psychology

Date Submitted: 01/29/2011 12:05 AM

Report This Essay

ERICH FROMM

Terlahir tanggal 23 Maret 1900 di Frankfurt Jerman dalam lingkungan keluarga Yahudi ortodoks. Fromm adalah anak tunggal dari seorang ayah pemurung, cemas dan tegang yang berprofesi sebagai pengusaha, dan seorang ibu yang mengalami depresi sebagai pengurus rumah tangganya. Keluarga Fromm mengalami ketidakharmonisan yang disebabkan adanya perbenturan antara perhatian besar nilai-nilai spiritual Ibunya dengan keberhasilan material sang ayah. Dari keadaan keluarga yang demikian ini, masa kecil Fromm terlihat tidak begitu bahagia. Ia menjuluki orang tuanya dengan highly neurotic dan menjuluki masa kecilnya dengan a probably rather unbearable, neurotic child (Funk, 1982:1).

Sejak kecil Fromm telah diperkenalkan dengan kitab perjanjian lama. Ia sangat tertarik dengan visi perdamaian universal yang diajarkan para Nabi. Pada masa remaja, Fromm mulai berkenalan dengan model pemikiran Yahudi, ia mendapat didikan dari Herman Cohen (seorang pemikir Kantian), Rabbi Salman Baruch Rabinkow dan Rabbi Nehemia Nobel. Ketiga guru Fromm ini memiliki kecenderungan pemikiran yang berbeda, Cohen adalah seorang liberal yang kurang menyukai ritual-ritual keagamaan, ia juga sangat tidak tertarik dengan dunia mistik dan lebih tertarik pada keutamaan etika keagamaan. Nobel merupakan penganut Talmudian yang sangat mengagumi Goethe dan pencerahan Jerman, ia juga banyak tertarik pada psikoanalisa. Sedangkan Rabinkow banyak memberi pelajaran Fromm tentang mistisisme Yahudi dan ide-ide humanisme sosialis. Namun sebagai anak yang termasuk kritis, Fromm tidak menerima begitu saja apa yang didapat dari gurunya ini.

Tahun 1924, Fromm mulai keluar dari lingkungan Rabbi dan mendalami psikoanalisa. Ia belajar satu tahun dengan Wilhelm Witenberg di Munich, dan kepada Karl Landauer di Frankfurt dan terakhir dengan Hans Sach serta Theodor Reik di Berlin. Setelah menikah pada tahun 1926 dengan Freida Reichman, pada tahun 1927, Fromm bersama dengan Karl Laundauer, George Broddeck, Heinrich Meng...