Psikologi Islami

Submitted by: Submitted by

Views: 560

Words: 2955

Pages: 12

Category: Philosophy and Psychology

Date Submitted: 02/07/2011 10:15 PM

Report This Essay

bab i

pendahuluan

1. Latar Belakang

Kemajuan teknologi dan usaha di masa yang akan datang, menyebabkan permasalahan-permasalahan masyarakat menjadi semakin rumit dan kompleks. Selain itu, kontak social menjadi lebih longgar, manusia berjalan tanpa adanya norma yang jelas dalam mengatur kehidupan social, banyak terjadi disintegrasi baik kelompok maupun individu serta masalah-masalah lainnya yang membuntuti. Hal-hal inilah yang menyebabkan atau yang menjadi faktor pendorong dari timbulnya gangguan-gangguan mental atau psikis manusia.

Masalah kejiwaan atau gangguan psikis atau dalam dunia medis disebut sakit mental pada manusia begitu luas dan kompleks. Luas dan kompleksitasnya masalah ini, tidak hanya karena belum mampunya orang untuk mengukur atau menilai tentang gejala-gejala kejiwaan. Tetapi karena gangguan-gangguan psikis manusia dapat dipandang dari berbagai macam perspektif dan disiplin ilmu yang salah satunya yaitu perspektif islam.

Masalah kejiwaan juga mengandung banyak misteri dan hal-hal yang menarik, unik dan menggelitik. Sehingga selalu menantang setiap orang untuk melakukan studi intensif terhadapnya. Hal ini jugalah yang mendorong dan mendasari kelompok kami untuk membuat makalah yang bertemakan sakit mental dengan judul “Penyakit Mental dalam Perspektif Islam”.

2. Rumusan Masalah

Berdasarkan judul makalah yang kami buat yaitu tentang “Sakit Mental dalam Perspektif Islam”, maka terdapat beberapa masalah yang bisa dirumuskan yaitu:

1. Apa yang dimaksud dengan sakit mental dan gejal awal dari sakit mental?

2. Apa saja faktor-faktor penyebab dari sakit mental?

3. Apa saja jenis jenis penyakit mental?

4. Bagaimana dengan metode-metode dalam penanganan penyakit mental?

5. Bagaimana islam memandang sakit mental?

3. Tujuan

Tujuan dari penyusunan makalah yang kami buat ini adalah untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan sakit mental, mengetahui faktor penyebab dari sakit mental,...