Wifi

Submitted by: Submitted by

Views: 518

Words: 4171

Pages: 17

Category: Science and Technology

Date Submitted: 11/06/2010 10:28 PM

Report This Essay

BAB 1

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat dewasa ini khususnya internet telah mempengaruhi kehidupan manusia di berbagai bidang termasuk di bidang pendidikan. Pemanfaatan internet sebagai sebuah sarana pengembang pendidikan saat ini sudah menjadi kebutuhan utama termasuk di lingkungan kampus BINUS University sebagai lembaga pendidikan tinggi atau universitas yang berkelas dan dikenal sebagai salah satu universitas yang telah menerapkan teknologi informasi dengan baik di Indonesia.

Internet menjadi sarana bagi mahasiswa maupun dosen untuk mencari dan mendapatkan materi yang lebih mendalam, saling berdiskusi secara interaktif, perkuliahan secara online dan masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya internet tersebut dalam meningkatkan proses pembelajaran.

Namun, pemanfaatan internet di lingkungan kampus BINUS University ini ternyata masih ada sedikit kendala atau kekurangan yaitu adanya kesulitan bagi mahasiswa untuk mendapatkan akses ke internet di sebagian lokasi kampus, maksudnya cakupan sinyal internet Wi-Fi belum merata di setiap pojok kampus. Oleh karena itu kami merasa perlu untuk meneliti masalah tersebut dalam proposal ini sehingga pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran di lingkungan kampus BINUS University akan lebih maksimal.

2. Identifikasi Masalah

Masalah yang akan kami teliti pada proposal penelitian ini adalah mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi cakupan (coverage) sinyal Wi-Fi yang belum merata di lingkungan kampus Anggrek BINUS University dan juga kekuatan sinyal Wi-Fi yang lemah menyebabkan bandwidth yang diterima juga menjadi lemah sehingga koneksi internet terasa lambat.

3. Pembatasan Masalah

Penelitian ini diusahakan agar tersusun dengan baik dan terarah. Oleh karena itu pembahasanya dibatasi pada hal – hal sebagai berikut :

• Melakukan analisa hanya terhadap cakupan sinnyal Wi-Fi

•...