Trading House

Submitted by: Submitted by

Views: 395

Words: 2780

Pages: 12

Category: Business and Industry

Date Submitted: 03/14/2011 09:12 AM

Report This Essay

TRADING HOUSE UNTUK USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH

Abstrak

Tujuan dari penulisan paper ini adalah untuk mengetahui lebih jauh bagaimana keadaan trading house di Indonesia dan bagaimana dampak terhadap UKM yang ada sekarang. Judul paper ini adalah “TRADING HOUSE UNTUK USAHA MIKRO DAN KECIL MENENGAH”.

Trading house merupakan sebuah usaha, fasilitas atau sarana untuk membantu pemasaran produk atau jasa dari UMKM (Usaha Mikro dan Kecil Menengah). Dalam UMKM banyak masalah yang terjadi, baik dalam pemodalan, distribusi, pemasaran hingga akses pasar.

Di saat ini pengembangan UMKM sebagai motor penggerak perekonomian Indonesia sangatlah minim perhatian. Pemerintah seperti memandang sebelah mata terhadap UMKM, banyak UMKM yang kesulitan dan mendapatkan banyak kendala dalam mengembangkan usaha mereka.

Trading house sangatlah bernilai dalam membantu pengembangan UMKM dimana dapat memberikan banyak bantuan dari pemodalan, distribusi, hingga pemasaran produk. Oleh karena itu Trading House haruslah mulai dijalankan sebagai realisasi perhatian pemerintah atau kita untuk membantu UMKM agar dapat aju dan membantu perekonomian daerah serta Negara.

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Krisis ekonomi yang menerpa perekonomian Indonesia semenjak pertengahan 1997 sampai tahun 1999 telah memporakporandakan dunia usaha khususnya dunia usaha besar. Namun UMKM yang kurang mendapat perhatian pada masa-masa lalu justru lebih mampu bertahan dan berkembang, hal ini menjadi

pelajaran bagi kita untuk menjadikan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

Pada saat ini usaha di Indonesia di donimasi oleh UMKM (Usaha Mikro dan

Kecil Menengah) sebesar 95% dari usaha yang ada di indonesia. Usaha mikro dan

Kecil Menengah ini mampu menyerap angkatan kerja sebanyak 89% dari yang

ada, meskipun belum cukup untuk menuntaskan penganguran yang ada. Meskipun UMKM ini sangat banyak di Indonesia tetapi kontribusi terhadap pendapatan daerah PDB (Produk Domestik Bruto) nya sebesar...