Case Study 2 Bullying Bosses

Submitted by: Submitted by

Views: 517

Words: 1435

Pages: 6

Category: Other Topics

Date Submitted: 03/24/2011 05:33 AM

Report This Essay

resensi buku SOE HOK GIE : Pergulatan Intelektual Muda

Ditulis oleh Rudy Sy

Minggu, 20 Desember 2009 20:11

Judul : SOE HOK-GIE : Pergulatan Intelektual Muda Melawan Tirani

Penulis : John Maxwell

Penerjemah : Tri Wibowo Budi Santoso (Triwibs)

Penerbit : Pustaka Utama Grafitti, cet I, Juni 2001

Tebal : xiv, 443 hlm; 21 cm

ISBN : 979-444-422-7

Yang terhormat,

Kami mahasiswa univeritas di Jakarta, dengan penuh rasa hormat bersama ini kirimkan kepada anda "perwakilan mahasiswa" di DPR-GR, paket Lebaran dan Natal. Dalam suasana Lebaran dan Natal ini kami menghormati perjuangan yang telah kalian lakukan selama berahun-tahun di lembaga "perwakilan" rakyat ini.

Kondisi demokrasi Indonesia dan Rule of The Law saat ini jelas merupakan hasil dari perjuangan kalian semua, mahasiswa yang tak kenal ampun dan tak terkalahkan, yang tidak pernah menyerah, dan yang tidak kenal kompromi dengan apa yang benar!

Bersama surat ini kami kirimkan kepada anda hadiah kecil kosmetik dan sebuah cermin kecil sehingga anda, saudara kami yang terhormat, dapat membuat diri kalian lebih menarik di mata penguasa dan rekan-rekan sejawat anda di DPR-GR

Bekerjalah dengan baik, hidup Orde Baru! Nikmatilah kursi anda-tidurlah nyenyak!

Teman-teman mahasiswa anda di Jakarta dan eks-demonstran’66

(hal.364)

Sebuah paket yang berisi pemulas bibir, cermin, jarum dan benang, disertai surat terlampir diatas yang berisi kumpulan tanda tangan dikirim oleh Soe Hok-gie dan kawan-kawannya untuk para mahasiswa yang pada saat itu duduk di kursi DPR-GR sebagai perwakilan mahasiswa.

Paket tersebut diantar pada tanggal 12 Desember 1969, beberapa saat sebelum keberangkatan Soe dan Mapala UI menuju Jawa Timur untuk mendaki puncak gunung Semeru. Rupanya itulah akitvitas terakhir Hok-gie dalam mengkiritsi keadaan politik yang berkembang di Indonesia. Empat hari kemudian Soe Hok-gie menghembuskan nafasnya karena menghirup gas beracun di puncak Semeru.

Nama Soe Hok-gie memang identik dengan...