Business Ethics and Corporate Social Respnsbility

Submitted by: Submitted by

Views: 759

Words: 1366

Pages: 6

Category: Business and Industry

Date Submitted: 03/18/2010 03:33 AM

Report This Essay

BAB I

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

1.1 Etika Bisnis

Etika merupakan bagian dari pedoman yang memberikan tuntunan kepada manusia mengenai hal-hal yang baik dan benar. Dengan demikian, etika bisnis merupakan etika terapan mengenai apa yang dianggap baik dan benar bagi institusi bisnis, transaksi, kegiatan, maupun tujuan dari bisnis (Velasquez, 2002). Etika bisnis mempelajari apakah di dalam mengejar tujuan bisnisnya, tetap dilaksanakan sejalan dengan nilai-nilai etis, ataukah semata-mata berpedoman keuntungan materil saja.

Definisi etika bisnis sangat beraneka ragam namun memiliki satu pengertian yang sama, yaitu pengetahuan tentang tata cara ideal pengaturan dan pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal dan secara ekonomi / sosial, dan penerapan norma dan moralitas ini menunjang maksud dan tujuan kegiatan bisnis (Muslich, 1998:4). Ada juga yang mendefinisikan etika bisnis sebagai batasan-batasan sosial, ekonomi dan dipertanggungjawabkan oleh perusahaan dalam setiap aktivitasnya (Amirullah & Imam Hardjanto, 2005).

Etika bisnis memiliki prinsip-prinsip yang harus ditempuh perusahaan untuk mencapai tujuannya dan harus dijadikan pedoman agar memiliki standar baku yang mencegah timbulnya ketimpangan. Muslich (1998:31-33) mengemukakan prinsip-prinsip etika bisnis sebagai berikut 2 :

a. Prinsip otonomi

Prinsip otonomi memandang bahwa perusahaan secara bebas memiliki wewenang sesuai dengan bidang yang dilakukan dan pelaksanaany dengan visi dan misi yang dimilikinya. Kebijakan yang diambil perusahaan harus diarahkan untuk pengembangan visi dan misi perusahaan yang berorientasi pada kemakmuran dan kesejahteraan karyawan dan komunitasnya.

b. Prinsip kejujuran

Kejujuran merupakan nilai yang paling mendasar dalam mendukung keberhasilan perusahaan. Kejujuran harus diarahkan pada semua pihak, baik internal maupun eksternal perusahaan. Jika prinsip kejujuran ini dapat dipegang teguh oleh perusahaan, maka dapat...