Business

Submitted by: Submitted by

Views: 504

Words: 568

Pages: 3

Category: Business and Industry

Date Submitted: 03/18/2010 04:31 PM

Report This Essay

MISI

Misi adalah maksud unik yang membedakan suatu perusahaan dengan perusahaan sejenis lainnya dan mengidentifikasikan lingkup operasinya dalam hal produk, pasar, serta teknologi.

Bagi suatu organisasi atau perusahaan penentuan misi sangat penting karena misi itu bukan hanya sangat mendasar sifatnya akan tetapi membuat organisasi memiliki “jati diri” yang bersifat khas. Misi perusahaanlah yang akan membedakan suatu organisasi dengan organisasi lainnya yang sejenis. Pentingnya misi juga terlihat dengan jelas dalam penentuan tugas-tugas utama yang harus terselenggara dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Misi yang baik terlihat jelas dengan memaparkan hal-hal berikut, yaitu:

1. Produk atau jasa perusahaan yang memberikan manfaat paling tidak sesuai dengan harganya.

2. Produk atau jasa perusahaan dapat memuaskan kebutuhan konsumen dari segmen pasar tertentu yang saat ini belum terpuaskan secara memadai.

3. Teknologi yang digunakan dalam produksi akan menghasilkan produk atau jasa yang kompetitif dari segi biaya maupun kualitas.

Ada tiga komponen yang harus terdapat dalam pernyataan misi, yaitu spesifikasi mengenai produk atau jasa dasar, pasar primer, dan teknologi utama untuk produksi atau distribusi.

Komponen-komponen ini dibahas dalam satu judul karena hanya secara bersama-sama ketiga komponen ini dapat menjelaskan aktifitas bisnis perusahaan.

4. Dengan kerja keras dan dukungan pihak lain, perusahaan tersebut tidak hanya dapat bertahan melainkan juga akan tumbuh dan menghasilkan laba.

Terdapat tiga tujuan ekonomis yang memandu arah strategis dari hampir semua organisasi bisnis. Baik menyatakan secara eksplisit maupun implisit, pernyataan misi mencerminkan maksud perusahaan untuk memastikan kelangsungan hidup melalui pertumbuhan dan profitabilitas. Profitabilitas merupakan tujuan tetap dari suatu organisasi bisnis. Tanpa memperhatikan bagaimana laba diukur atau didefinisikan, laba...