Teori Kepribadian Sullivan

Submitted by: Submitted by

Views: 3753

Words: 5235

Pages: 21

Category: Philosophy and Psychology

Date Submitted: 04/14/2010 08:28 AM

Report This Essay

BAB I

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG Anak sebetulnya telah nengalami kecemasan sejak bulan-bulan pertama dari kehidupan, bahkan menurut beberapa sarjana, bayi sebelum lahir sudah mengalami kecemasan. Akan tetapi manifestasi dari kecemasan ini sering kali tidak dimengerti oleh orang dewasa. Kecemasan dialami oleh setiap anak dalam setiap fase perkembangannya. Oleh sebab itu gangguan mental emosionil pada anak lebih sering terdapat daripada orang dewasa serta variasinya juga lebih banyak. Seorang anak tidak bisa dianggap sebagai seorang dewasa kecil. Pada umumnya dalam perkembangannya kearah kedewasaan anak melalui beberapa fase perkembangan yang tertentu.Dalam setiap fase perkembangan terjadi kecemasan yang tertentu dan yang bersifat spesifik untuk fase tersebut.

Menurut Sullivan, tahap perkembangan kepribadian yang paling krusial sesungguhnya bukan pada masa kanak-kanak awal, melainkan pada masa pra remaja. Sullivan percaya bahwa manusia dapat mencapai perkembangan yang sehat mereka sanggup mengalami keintiman sekaligus hawa nafsu terhadap pribadi lain yang sama.

Ironisnya, hubungan Sullivan sendiri dengan orang lain jarang yang memuaskan dirinya. Sebagai seorang anak, dia sering merasa kesepian dan secara fisik dikucilkan. Ketika remaja, dia menderita minimal satu episode skizofrenik. Dan ketika dewasa, dia mengalami hanya hubungan-hubungan antarpribadi yang dibuat-buat dan ambivalen. Meskipun begitu, bahkan mungkin karena kesulitan-kesulitan hubungan antarpribadi ini, Sullivan memberikan banyak kontribusi bagi kita untuk memahami kepribadian manusia.

BAB II

PEMBAHASAN

BIOGRAFI HARRY STACK SULLIVAN Harry Stack Sullivan lahir di kota pertanian kecil Norwich dekat New York pada 21 Februari 1892. Ia merupakan satu-satunya anak yang masih hidup dari orangtua Katolik Irlandia yang miskin. Ibunya, Ella Stack Sullivan berusia 32 tahun ketika menikah dengan Timothy Sullivan dan melahirkan Harry pada usia 39 tahun. Ayahnya adalah seorang...