Ob Theories of Leadership

Submitted by: Submitted by

Views: 795

Words: 2397

Pages: 10

Category: Literature

Date Submitted: 04/30/2010 09:56 PM

Report This Essay

ORGANIZATIONAL BEHAVIOR

CHAPTER 12 : BASIC APPROACHES TO LEADERSHIP

oleh

KELOMPOK 5

Rian Gumilang Amri

Cindy Wulandari

Vafa Shinta

Anandha Budiantoro

Anindityo

Obaja Kurniawan

WM 63

1. Pendahuluan

Dalam bab 12, topik yang menjadi pembahasan utama adalah kepemimpinan (leadership). Bab ini membahas secara komprehensif mengenai apa itu leadership dan karakteristiknya melalui teori teori yang ditemukan dari berbagai studi kepemimpinan. Dalam suatu perusahaan atau organisasi, merupakan hal yang sangat penting untuk memiliki pemimpin yang memiliki kriteria dan karakteristik kepemimpinan yang memadai. Bab ini membantu kita untuk mengetahui apa yang membentuk pemimpin yang efektif dan apa yang membedakan antara pemimpin dan bukan pemimpin.

2 Definisi Kepemimpinan

Kepemimpinan (Leadership) adalah kemampuan untuk mempengaruhi sekumpulan individu dalam mencapai visi dan tujuan bersama yang telah disepakati. Kemampuan dalam memberikan pengaruh bisa berbentuk formal atau non-formal. Yang disebut dengan kepemimpinan formal adalah kemampuan yang didukung oleh posisi dan tanggung jawab dari organisasi yang mendukung individu tersebut untuk memimpin, dalam hal ini adalah posisi manager. Namun tidak semua pemimpin adalah manager dan vis-a-versa. Pemimpin yang dapat memberikan pengaruh tanpa memiliki jabatan formal yaitu manager juga dapat memberikan pengaruh yang sama.

Adanya pemimin formal dan informal menunjukan kondisi dimana organisasi membutuhkan kepemimpinan dan managemen yang kuat agar dapat efektif secara optimal.

3 Trait Theoris of Leadership (Teori Sifat)

Teori sifat kepemimpinan (trait theories of leadership) membedakan antara pemimpin dan bukan pemimpin dengan memfokuskan pada kualitas dan karakteristik personal. Sempat disinggung bahwa pada bab 4 dalam pembahasan The Big Five, faktor extraversion merupakan karakteristik yang paling penting dari pemimpin yang efektif. Namun telah ditemukan bahwa sifat extraversion lebih tepat...