Resume Tugas Komunikasi

Submitted by: Submitted by

Views: 528

Words: 542

Pages: 3

Category: Other Topics

Date Submitted: 07/21/2010 10:13 PM

Report This Essay

c. die Wirkung ( daya pengaruhnya )

Sebagai komponen ketiga dari proses publisistik, die Wirkung menunjukkan sejauh mana efek yang timbul pada khalayak yang dijadikan sasaran publisistik.

Menurut Hagerman setiap terpaan publisistik yang menimbulkan sikap tertentu pada der Empfanger yang kemudian berwujud perilaku, disebabkan terutama oleh perasaannya yang tersentuh ketimbang oleh pikirannya. Sifat emosional ini memungkinkan khalayak bersikap setuju atau tidak setuju, menerima atau menolak.

Pengaruh publisistik berlangsung dalam dua dimensi rangkap, meluas dan mendalam.

Ada pernyataan publisistik yang tersiar dengan cepat, tetapi pernyataan yang sesaat menggemparkan dapat dibuat tidak berarti oleh pembuktian. Bisa juga penyataan itu disusul oleh penyataan – pernyataan lain yang membuktikan kebalikannya.

Ada pernyataan yang berdaya pengaruh ke dalam. Maknyanya tidak dikenal oleh khalayak secara keseluruhan. Hanya sekelompok kecil yang tertarik.

Pernyataan itu tidak cemerlang, tidak menggelora, dan tidak menimbulkan gerak dinamika massa, tetapi bergerak maju secara perlahan, luwes, dan halus, sedangkan yang ditimbulkannya adalah kebenaran- kebenaran baru.

3. Communication Science

Seperti halnya ilmu publisistik yang pada mulanya adalah ilmu persuratkabaran, ilmu komunikasi pun berasal dari aspek persuratkabaran, yakni “ journalism “ atau jurnalistik atau jurnalisme, suatu pengetahuan (knowledge) tentang seluk- beluk pemberitaan mulai dari peliputan bahan berita, melalui pengolahan, sampai penyebaran berita.

Yang mula- mula mendambakan adanya School of Journalism sebagai lembaga pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan para wartawan adalah Joseph Pulitzer pada tahun 1903. Gagasan Pulitzer ini mendapat banyak tanggapan positif dari berbahai pihak. Oleh karena yang disiarkan media surat kabar itu ternyatatidak hanya informasi hasil kegiatan journalism semata- mata, maka berkembanglah penyiaran...