Ortu

Submitted by: Submitted by

Views: 349

Words: 1154

Pages: 5

Category: Philosophy and Psychology

Date Submitted: 10/20/2010 05:59 AM

Report This Essay

Peran Orang Tua Dalam Memilih Jurusan Kuliah

Tiga Pertimbangan Umum

Dalam waktu yang tidak lama lagi, putra-putri kita yang kemarin mengikuti UAN SLTA, akan memasuki jenjang kuliah. Biasanya, tidak sedikit yang bingung "Jurusan apa yang pas untuk saya ?". Orangtua pun tak kalah bingungnya, "Jurusan apa yang pas untuk anak saya?". Ini karena antara orangtua dan anak terkadang punya opini yang berbeda dalam melihat jurusan dan prospeknya di dunia kerja.  Jadi bagaimana?

 

Secara umum, dukungan atau bantuan orangtua itu mutlak dibutuhkan. Cuma, sejauhmanakah bantuan itu dibutuhkan, akan sangat mungkin berbeda-beda. Seperti yang dialami oleh Pak Roni dari Banyuwangi. Anak pertamanya yang perempuan sejak lulus SLTA sudah mandiri dan sudah tahu jurusan yang pas untuk dia. Tapi anak keduanya yang laki-laki setiap kali ditanya tentang hal ini, tak ada jawaban yang meyakinkan, sepertinya dia tidak tahu harus kemana.

 

Kalau mau pakai acuan yang ideal, mestinya anak-anak itu memilih jurusan kuliah berdasarkan tiga pertimbangan di bawah ini:

 

* Cita-cita: panggilan hati, hasrat sejatinya untuk berperan di bidang tertentu, dst

* Bakat / Minat: kelebihan alamiah yang dimiliki, baik secara akademik atau non-akademik

* Panggilan tanggungjawab:  ingin meneruskan perjuangan orangtua, ingin membantu masyarakat tertentu, seperti ingin membantu petani, orang cacat, dst

 

Meski nampak sederhana, tapi dalam prakteknya tidak semua anak punya pengetahuan yang meyakinkan tentang ketiga hal di atas. Belum tentu anak kita tahu dimana bakat dan minatnya. Belum tentu cita-citanya itu relevan dengan keadaan dirinya dan orangtuanya. Karena itu, bantuan dan dukungan orangtua menjadi penting, entah untuk mengungkap yang belum diketahui atau untuk  menegaskan yang sudah ada.

 

 

Penilaian Individual  

Dasar yang mestinya kita pakai untuk menentukan dukungan adalah keadaan si anak. Anak seperti Riana Helmi, putri Indonesia yang lulus dari fakultas kedokteran UGM dengan...