Corning

Submitted by: Submitted by

Views: 605

Words: 2375

Pages: 10

Category: Business and Industry

Date Submitted: 04/30/2009 03:11 PM

Report This Essay

Bail-out secara harafiah walau mungkin kurang tepat adalah dana talangan sebagai bagian intervensi "the lender of the last resort" pemerintah dan atau bank sentral terhadap upaya penyelamatan keluar dari krisis keuangan atau sebagai upaya melaksanakan suatu kebijakan.

Mekanisme pelaksanaan Bail-Out diantaranya:

Penerima bail-out disodorkan sejumlah ketentuan atau persyaratan yang wajib dipenuhi serta mempunyai konsekuensi hukum; Adanya organisasi/institusi yang ditunjuk Pemerintah dan atau Bank Sentral (Fed) untuk mengambil-alih/pengontrolan yang berfungsi sebagai pengelola atas seluruh aktifitas manajemen dan operasional perusahaan penerima bail-out. Di Indonesia dulu ada Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) atau sekarang PPA(Perusahaan Pengelola Aset); Penerima bail-out wajib melaporkan seluruh catatan dokumen-dokumen, keuangan baik harta, utang maupun piutangnya; Melalui mekanisme politik yaitu DPR/Senat .

Ekses yang dihadapi adalah Jumlah uang beredar meningkat dan berekses pada tingginya inflasi; Rentan terhadap penyimpangan apabila fungsi pengawasan lemah; Pajak yang diterima yang berfungsi sebagai pendanaan bagi pembangunan/pndidikan/kesehatan, sementara waktu dialokasikan bagi dana-dana bail-out; Biaya tambahan bagi para profesional/perusahaan yang ditunjuk dalam mengelola perusahaan investasi tersebut; Neraca pembayaran atau perdagangan USA tidak mustahil terjadi ketidakseimbangan (mismatch) antara penerimaan dan penarikan dana,akibat perusahaan perusahan investasi melakukan konsolidasi keuangannya.

OVERVIEW KRISIS KEUANGAN GLOBAL DAN BAILOUT

Joseph E. Stiglitz, pemenang nobel ekonomi tahun 2001 menyampaikan bahwa perkembangan ekonomi Amerika Serikat tidak sehat dan dapat memicu terjadinya resesi. Penyebabnya adalah terlalu rendahnya tingkat suku bunga, kurangnya regulasi dan ketergantungan pertumbuhan ekonomi pada sektor properti.

Krisis Keuangan Global

Krisis dimulai sejak tragedi 11 September(9/11) atau runtuhnya WTC yang merupakan...