Hsdpa

Submitted by: Submitted by

Views: 445

Words: 2392

Pages: 10

Category: Literature

Date Submitted: 03/02/2011 08:26 AM

Report This Essay

TUGAS TOPIK – TOPIK LANJUTAN SISTEM INFORMASI

HSDPA

NAMA KELOMPOK ;

M EKSA CATRA

MARSIANO W TUANKOTTA

REINALDO HAIKIKI

YULIANTO

[pic]

Universitas Bina Nusantara

Jakarta

2008

PENDAHULUAN

Latar Belakang

High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah sebuah protokol telepon genggam dan kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G. Teknologi ini merupakan terobosan baru dalam jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang baru dikenal pada akhir tahun 2006.HSDPA ini dapat memberikan kapasitas data yang relatif lebih besar jika dibandingkan dengan protokol-protokol lain yang ada.

HSDPA ini belum cukup terkenal dalam dunia telekomunikasi di Indonesia. Dikarenakan para provider yang ada di Indonesia belum terlalu menyebarkan luaskan teknologi ini sebab pangsa pasar HSDPA ini masih terbatas pada kalangan tertentu. Selain itu karena harga device dan biaya operasional dari teknologi ini masih tergolong mahal.

Untuk kami mengangkat topik ini agar HSDPA sebagai inovasi baru dalam teknologi jaringan komunikasi ini dapat dikenal secara luas oleh masyarakat kita.

Definisi HSDPA

High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah sebuah protokol telepon genggam dan kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G. Teknologi ini dikembangkan dari WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik arah turun). HSDPA merupakan evolusi dari standar W-CDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSDPA memdefinisikan sebuah saluran W-CDMa yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang, tetapi hanya digunakan dalam komunikasi arah bawah menuju telepon genggam.

HSDPA meningkat dalam W-CDMA melalui teknik yang berbeda untuk...