Lateralization of Function

Submitted by: Submitted by

Views: 483

Words: 2668

Pages: 11

Category: Philosophy and Psychology

Date Submitted: 12/19/2010 04:13 AM

Report This Essay

Saya membagi tugas saya ke dalam papercamp agar bisa digunakan sebaik-baiknya. Karena ini hanyalah tugas dari seorang mahasiswa, kebenaran dari tugas ini tidak lah 100%. Silakan cari sumber-sumber lain yang mendukung dan jangan lupa untuk memasukkan link unduhan terhadap tugas ini ke dalam tugas Anda jika Anda memang berniat untuk menggunakannya.

Terimakasih – rafaluvika

BAB I

PENDAHULUAN

Sistem saraf vertebrata secara struktural dan fungsional beragam. Sebagai contoh, korteks serebral pada otak lumba-lumba secara struktural lebih kompleks dan merupakan prosesor informasi yang jauh lebih ampuh dibandingkan dengan korteks serebral ikan atau katak. Namun semua sistem saraf vertebrata mempunyai beberapa kemiripan mendasar, yaitu adanya unsur pusat dan tepi yang jelas dan derajat sefalisasi yang tinggi. Otak dan sumsum tulang belakang vertebrata menyusun SSP (sistems saraf pusat/central nervous system, CNS).

Otak adalah suatu organ yang bekerja mengkoordinasikan seluruh yang terjadi di dalam tubuh, kepribadian, metabolisme, tekanan darah, emosi, hormon, ingatan, bekerja melebihi komputer manapun di dunia ini. Kelainan kecil pada otak akan mempengaruhi aktifitas tubuh, karenanya kita harus selalu menjaga nutrisinya dan menjaga kesehatannya dan mengembangkannya.

Otak mengatur dan mengkoordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh, dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.Otak terbentuk dari dua jenis sel, yaitu glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron, sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang dikenal sebagai potensial aksi.

Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan ke seluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmitter . Neurotransmitter ini...