Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Konsep Diri Tentang Matematika (Studi Eksperimen Pada Suatu Smp N Di Jakarta)

Submitted by: Submitted by

Views: 988

Words: 8627

Pages: 35

Category: Other Topics

Date Submitted: 06/08/2010 02:23 AM

Report This Essay

A. Judul

Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Konsep Diri Tentang Matematika (Studi Eksperimen Pada Suatu SMP N di Jakarta)

B. Latar belakang

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan manusia. Berawal dari kesuksesan di bidang pendidikan suatu bangsa menjadi maju. Melalui pendidikan sumber daya manusia yang berkualitas dicetak untuk menjadi motor penggerak kemajuan dan kemakmuran bangsa. Indonesia sebagai negara yang berkembang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan nasional. Tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kualitas manusia Indonesia yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, produktif serta sehat jasmani dan rohani. Sesuai dengan tujuan pendidikan nasional tersebut dan selaras dengan tuntutan zaman maka peningkatan kualitas pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat mendesak.

Proses pendidikan sudah dimulai sejak manusia itu dilahirkan dalam lingkungan keluarga. Dilanjutkan dengan jenjang pendidikan formal, terstruktur dan sistematis dalam lingkungan sekolah. Di sekolah terjadi interaksi secara langsung antara siswa sebagai peserta didik dan guru sebagai pendidik dalam suatu proses pembelajaran. Pembelajaran merupakan kegiatan utama dalam lingkungan sekolah yang menjadi penentu kualitas output sumber daya manusia. Oleh sebab itu upaya peningkatan kualitas pembelajaran menjadi kebutuhan yang signifikan.

Matematika sangat diperlukan untuk membantu mengembangkan kemampuan berpikir logis, sistimatis, kritis dan kreatif dalam diri anak didik, karenanya matematika merupakan salah satu sarana berpikir ilmiah. Matematika sebagai pengetahuan dasar yang diperlukan dalam mempelajari ilmu-ilmu lain selain matematika sekaligus menunjang keberhasilan belajar siswa dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Bahkan tak dapat...